UMKM Sumbang 50 Persen PDB Indonesia

Posted by Gema Bina Mandiri On Kamis, 02 September 2010 0 komentar
JAKARTA, Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ternyata penyumbang produk domestik bruto (PDB) terbesar Indonesia. Menurut Menko Perekonomian Hatta Rajasa, UMKM menyumbang 50 persen PDB Indonesia. "Usaha mikro, kecil, dan menengah merupakan pilar perekonomian Indonesia. UMKM sumbangannya 50 persen terhadap negara bila dilihat dari GDP (gross domestic product)," kata Hatta di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurutnya, untuk itu UMKM tidak hanya harus didukung, tapi perlu dikembangkan. Bagaimana usaha mikro ini berkembang menjadi usaha kecil, usaha kecil berkembang menjadi usaha menengah, dan usaha menengah menjadi usaha menengah baru.

"Bahkan tidak menutup kemungkinan usaha menengah ini berkembang menjadi pengusaha besar yang mampu menciptakan kesejahteraan dan menjadi menciptakan lapangan pekerjaan,"harapnya.

Ia pun menjanjikan bantuan kepada UMKM yang kesulitan mendapatkan akses permodalan, untuk mendapatkan modal mulai dari Rp 1 juta sampai maksimal Rp 20 juta.

"Kami bisa bantu akseskan ke pembiayaan yang resmi. Memang perlu didukung program-program pemerintah yang prorakyat, kami suport untuk menyosialisakan. Kami akan bantu tanpa harus ada jaminan dan agungan," tegas Hatta.

Sumber : Refrensi Media Kompas, Kementrian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia --> Written by Artikel --> Monday, 30 August 2010 03:20

0 komentar to UMKM Sumbang 50 Persen PDB Indonesia

Posting Komentar